Ragam Genre Musik dalam Olahan Johannes Rusli

Membuat musik dengan beragam macam genre, tentu bukan pekerjaan yang mudah. Selain diperlukan kelihaian dalam memadukan nada dan aransemen musik,  juga dibutuhkan kemampuan  untuk menentukan siapa yang akan menyanyikannya.  Tidak sedikit seseorang, yang mengaku musisi, keburu "patah-arang" karena karyanya tidak kunjung terealisasi.

Namun bagi Johannes Rusli, segala rintangan dalam mencipta dan mewujudkan musiknya dalam sebuah album,  malah menjadi penyemangat untuk terus berusaha hingga cita-citanya tercapai. Makanya, rentang waktu 15 tahun ditempuh tanpa terasa dan menghasilkan karya yang tergolong apik.

Bagi Anda  penikmat musik, album "Musik.al Dialogue" karya Johannes Rusli layak untuk didengarkan. Garapan musiknya yang  ringan dan mudah diingat menjadikan karakater musikal yang melekat dalam komposer muda asal Jakarta ini. Diawali dengan tembang "Lebih Dari" yang dibawakan dengan tone Jazz-Waltz oleh  Cassia Agatha. Penempatan lagu awal ini sebetulnya sempat "mengecoh" pendengar awal tentang  genre album ini. Pasalnya alunan Jazz dimainkan secara profesional oleh para kru. Penulis sendiri berasumsi; lagu selanjutnya bakal mirip dengan lagu awal tadi. Dugaan meleset. Ternyata ditembang-tembang selanjutnya, Johannes Rusli menyuguhkan nuansa musik yang sangat jauh berbeda.

Simak saja  tembang "Cinta Masa Remaja" yang dibawakan dengan cara yang ngepop. Dengan komposisi musik yang sederhana (yang ditimpali dengan suara violin) menjadikan lagu ini  sangat enak didengar.

Dari deretan lagu yang disodorkan, lagu  bertema cinta cukup mendominasi. Penulis malah melihat kekuatan lain dari Johannes Rusli yang "pintar" menulis lagu dengan lirik cinta. Silakan simak lagu  "Tetap Mencinta" yang dibawakan oleh  Richard Chriss. Selain penghayatan penyanyi yang maksimal, olahan musiknya juga sangat mendukung. Termasuk juga dalam  lagu "jujur saja", "anita", "sesal",  "tak bisa memiliki cintamu". Uniknya dalam "tak bisa memiliki cintamu" malah terselip alunan  genre blues dengan permainan gitarnya yang "pas" dengan lirik yang dibawakan.

Kehadiran Johannes Rusli dalam dunia musik tanah air sangat patut untuk diapresiasi. Kemampuan yang  multi-talenta anak muda ini bisa disandingkan dengan komposer yang sudah punya nama. Yang pasti, Johannes Rusli, jangan pernah berhenti untuk berkarya dan memperkenalkan hasil karyanya ke masyarakat yang lebih luas. Tidak terkecuali  juga memperkenalkan musiknya kepada musisi atau penyanyi yang sudah punya  nama. Karena  jika didengarkan dengan seksama, ada beberapa lagunya yang menurut penulis makin apik  dan akan mudah dikenal bila dibawakan oleh penyanyi yang sudah ternama. Ini  tentunya merupakan wacana penulis yang melihat potensi "pasar" dari lagu-lagu karya Johannes Rusli. [lyz/foto:johannes rusli]

comments powered by Disqus