GBS-Baim Sodorkan Blues yang Simpel dan Enak Didengar

Kolaborasi Baim dan Gugun Blues Shelter setidaknya lahir dari akibat sering tampilnya mereka dalam satu panggung. Meski tidak begitu  terasa "cita-rasa" istimewa dalam album ini, kolaborasi ini  sangat perlu diapresiasi karena tampilnya dua musisi dengan beda gaya bermusik. Gugun Blues Shelter (GBS) seperti yang diketahui kerap kali memainkan rock-blues yang kental. Dengan permainan musik  yang mumpuni trio musisi (Gugun, Jono dan Bowie) membawa band ini go internasional. Sementara Baim, yang sempat "mampir" di group ADA Band dan The Dance Company memiliki gaya yang nge-pop.

Tidak bisa dipungkiri  enam komposisi lagu dalam album ini ; Bank Robber's Blues, Tap Dancer, He Got Caught, It's You, Don't Say Goodbye, dan Me Myself And I lebih kental gaya bermusiknya GBS.

Simak saja mulai dari lagu pertama, "Bank robber's blues" yang memainkan komposisi berirama rock n Roll. Meski terdengar biasa karena hanya memainkan komposisi blues standart, namun tidak dipungkiri gaya permainan sang  gitaris, Gugun, belum ada yang menyamai.

Dalam "Tap Dancer", GBS memainkan  intro gitar yang membuat musik dilagu ini "kuat" dan cukup enak didengar.  Solo gitar Gugun dengan perpindahan Speed yang mantap menjadikan lagu ini sangat nge-blues.  Bagi Anda penyuka blues, lagu ini pasti mudah dan asyik untuk dimainkan.  Namun hati-hati,meski mudah untuk diikuti,  gaya  "solo guitar" -nya Gugun  dipastikan akan memiliki gaya permainan yang berbeda dengan Anda. Gugun yang banyak terinspirasi dari sang gitaris legenda, Jimmy Hendrix, sanggup memberikan nuansa berbeda dari setiap "cabikannya".

Musik GBS dikenal dengan gaya bermusik yang simple dan mudah "ditebak". Yang membedakan GBS dengan band lain adalah kemampuan menyelaraskan permainan musiknya sehingga enak didengar. Meski tidak bisa dihindari, kadang ada beberapa lagu yang memiliki kesamaan "notasi" dari grup blues legenda yang  menjadi referensi bermusiknya. 

Permainan musik yang simple dari GBS bisa disimak dalam tembang "He Got caugh".  Komposisi sederhana karya Gugun dan Jono  cukup nyaman didengar.  Komposisi yang ala rock-blues  mudah ditebak, namun tetap  asyik untuk di nikmati. Vokal Gugun yang "flat" menjadi lebih powerfull berkat musiknya yang sederhana. Komposisi serupa juga ada dalam "It's You"  yang slow dan Me Myself And I yang nge-blues.  

Sementara dalam "Don't Say Good Bye" besutan Baim, sepertinya GBS tidak mau "menyentuh" secara  berlebihan. Aransemen yang cukup manis dari Baim mendapat "support" musik dengan gaya GBS berada dalam bait-bait terakhir, dimana Gugun  membubuhi dengan  permainan gitarnya yang khas. 
 
Bagi Anda penyuka Blues, apalagi penggemar GBS dan Baim, lagu ini sangat layak untuk dimiliki. Bravo GBS dan Baim. [lyz/foto:nagaswara]
 
 
comments powered by Disqus