Enteng and His Comets, Proyek Duet dengan Hasil Sempurna

Bisa dibilang "The Pattie Sisters" adalah legenda duo penyanyi wanita Indonesia. Suaranya yang merdu dan kekompakkan saat menyanyikan lagu menjadi keunggulan mereka. Hal ini juga tercermin saat "duet" dengan Enteng Tanamal yang dikemas dalam album kolaborasi "Enteng and His Comets". Album berdurasi kurang lebih 30 menit diproduksi oleh "Republic manufacturing Co Ltd (PT Remaco), dan diproduseri oleh "Tans Gramaphone Coy Jakarta".

Terdiri dari 12 lagu, "Enteng and His Comets" tampil maksimal. Dibagian awal, pendengar disuguhi tembang berbahasa  Belanda "Jij ben niet hip" yang dibawakan dengan tempo sedang dan bernada riang. Kolaborasi personel The Pattie Sisters, Silvi dan  Nina terdengar serasi. Meski dalam bahasa Belanda, kefasihan kedua penyanyi ini sangat tampak. Bisa dibilang duet dalam tembang ini tiada "cela". Tidak hanya itu, lagu yang enak didengar dan gampang diingat juga mendukung kolaborasi mereka.

Pencipta lagu Mus K. Wirja juga menyodorkan hasil karyanya berjudul "Djangan Kau Paksakan". The Pattie Sister dan Enteng Tanamal juga tampil prima saat membawakan tembang dengan nada lamban (slow) ini. Syair bertema "patah hati"  ini dilantunkan dengan lembut dan kompak. Kombinasi permainan gitar Enteng dengan  suara Terompet sangatlah pas.

Tidak kalah seru lagu "Kisah 1001 Malam" karya Jessy Wenas. Sesuai dengan asal muasal cerita kisah "1001 malam" yang disebutkan dari timur tengah, lagu ini lekat dengan alunan irama padang pasir. Keterampilan Enteng Tanamal memetik gitar bisa disimak dalam lagu ini. Tidak kalah menarik, dilagu ini disisipkan irama bosanova yang menjadikan lagu ini unik.  

Kehebatan Enteng  juga terlihat saat menggarap lagu berbahasa sunda karya Mus K Wirja yang berjudul "Kapungkur". Di lagu ini Enteng juga tidak ragu-ragu meracik dalam irama bosanova dan dibawakan dengan duet sempurna The Pattie Sisters.

Kolaborasi antara Enteng Tanamal dengan The Pattie Sisters sepertinya "jodoh". Sang produser bertindak tepat menggabungkan dua musisi ini dalam satu album yang saat itu diproduksi sangat terbatas. Tak heran hingga sekarang, album ini  menjadi incaran para kolektor,  termasuk kolektor dari luar negeri. [lys/foto cover: koleksi pribadi]

 

Track List:

Muka 1
1. Jij Bent Niet Hip (NN)
2. Djangan Kau Paksakan (Mus K. Wirja)
3. Rulie ku (Jasir Sjam)
4. Kisah 1001 Malam (Jessy Wenas)
5. Ada Satu Djalan Lagi (Jessy Wenas)
6. Aku Lupa (Mus K Wirja)

Muka 2
1. Pestaku (Jasir Sjam)
2. Waarom Heb Jij Me Laten Staan (NN)
3. Kapungkur (Mus K. Wirja)
4.Tjurahan Hati ( A Rijanto)
5. Aku Tjinta Padamu (Jasir Sjam)
6. Insan di Dunia (Jasir Sjam)

comments powered by Disqus