CANAROCK, Bintang Baru Pop Rock Indonesia

Meracik musik berirama rock yang memiliki ciri khas bukanlah pekerjaan mudah. Namun hal ini bukan menjadi kendala bagi para musisi Rock asal Depok, Jawa Barat, "CANAROCK". Digawangi lima personel; Pey (gitar), Denis (gitar), Alex (bass), Catur (drum), dan Avit (vocal), "CANAROCK" berupaya menyuguhkan konsep bermusik pop rock populer yang menyajikan tema cinta dan kehidupan, mereka menyebutnya "Rock Popular".

Dalam upaya mewujudkan konsepnya tersebut, "CANAROCK" meluncurkan album bertitel "Lepas" yang terdiri dari 10 lagu andalannya; Tanpa Kau Sadari, Bisu, Lepas, Semampuku, Intan Bintang, Pengganti, Aku Kau Pilih, Tak Semestinya, Coba Kau Rasakan, dan Pergi.

Menyimak deretan lagu "CANAROCK" kita dibawa dalam nuansa rock era 80-an sangat kental terlihat. Beberapa lagu, menurut penulis, bahkan dipengaruhi gaya bermusik group musik "Radio Head" dan "Pearl Jam" yang mengusung musik pop rock dengan menonjolkan ciri khas bermusik dan keunikan suara sang vocalis.

Simak saja lagu "Tanpa Kau Sadari" yang menyajikan improvisasi musik yang mudah dan enak didengar (easylistening). Kemudian "Bisu" yang lembut, hingga "Pengganti" yang sedikit ngerock.

Secara keseluruhan, materi musik "CANAROCK" bisa dibilang cukup berbobot. Konsep Rock Popular yang diusungnya melahirkan irama rock lembut yang jauh dari beat keras menyentak. Begitu juga dengan syairnya yang mengedepankan nuansa "cinta", cukup mudah untuk dicerna. Tak kalah penting adalah, ritme musiknya yang easy listening.

Kemampuan musikal CANAROCK memang bisa dibilang mumpuni, maklum saja band ini sudah banyak meraih penghargaan, meski tingkat lokal. Tidak hanya itu, Band asal kota Depok ini juga sering mengisi panggung musik, mulai dari kampus hingga cafe. Tidak hanya piawai membawakan lagu ciptaannya sendiri, CANAROCK juga jago menyanyikan musik-musik rock era 80-an.

Ditengah persaingan yang ketat diantara band-band baru, CANAROCK memang harus tetap semangat dan menjaga kekompakan. Lahirnya album perdana yang dirilis Agustus 2007 lalu menjadi bukti akan eksistensi band ini untuk masuk menjadi bagian komunitas musisi di blantika musik tanah air. [itunes/foto:Canarock]
comments powered by Disqus