Raisa
Raisa Andriana (lahir 6 Juni 1990), adalah pendatang baru di industri musik Indonesia. Besar tanpa pendidikan musik yang berlebihan, ia belajar cara dan gaya bernyanyi dari penyanyi favoritnya seperti Brian McKnight, India Arie, Stevie Wonder, JoJo, Joss Stone, Alicia Keys, James Ingram, Mariah Carey, Whitney Houston, dan masih banyak lainnya.

Debut singelnya, "Serba Salah" dirilis secara independen. Lagu ber-genre pop yang diberi sentuhan RnB ini pertama kali mengudara di radio-radio di kota Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali dan Makassar. Lagu ini juga dirilis secara digital pada website-website social media. 

Bulan Maret 2011 Universal Music Indonesia memperkenalkan Raisa sebagai artis barunya. Melalui label Universal Music Indonesia, Raisa secara resmi merilis single perdana "Serba Salah" yang diambil dari album debutnya yang berjudul "Raisa" yang dirilis pada bulan Mei 2011.

Dalam proses rekaman album ini, Raisa dibantu oleh para seniornya yang berperan sebagai produser. Mereka adalah Asta Andoko (RAN), Ramadhan Handy (Soulvibe), dan Adrianto Ario Seto (Soulvibe). Semua instrument musik direkam langsung oleh para produser ini. Mereka bertiga juga bertindak sebagai vocal director. 

Tak butuh waktu lama, nama dara cantik ini pun melejit di dunia musik Indonesia. Perpaduan antara suara bagus, lagu bagus dan paras cantik membuatnya cepat mendapatkan tempat di hati penikmat musik. Singel-singel berikutnya dari album perdana seperti "Could It Be", "Apalah Arti Menunggu", dan "Melangkah" pun makin melambungkan namanya.

Kini Raisa sedang mempersiapkan album keduanya yang rencananya akan dirilis di tahun 2013 ini. Sebagai awal, dia meluncurkan singel "Bye Bye" pada tanggal 12 Juni 2013. (bbs/pic:wikipedia)