Bucek1: Proyek Musikal Pertama dan Terakhir Bucek Depp

Mungkin tidak banyak yang tahu jika artis dan pemain film, Bucek Depp punya album lagu dan musik Indonesia. Sekitar tahun 1995 pemilik nama asli Al Arthur Muchtar meluncurkan album bertitel "Bucek1" yang berisi 8 lagu ; "bohong", "merah muda, hijau dan ungu", "Andai (kau jadi milikku)", "si none", "pelangi", "apakabarnya", "Baby", dan "dibalik bulan".

Sejumlah musisi  terkenal yang terlibat salam album "Bucek1" ini, seperti Andre Hehanussa, Adjie Soetama, Raidy Noor, Mus Mudjiono, Titi DJ dan Trio vokal (rida, sita, Dewi).

Hampir semua lagu enak di dengar. Sang pencipta lagu, Andre Hehanussa dan Adjie Soetama sepertinya paham betul dengan karakter vokal Bucek, yang konon kabarnya tidak memiliki latar belakang teknik olah vokal yang baik. Namun ditangan "dingin" kedua pencipta lagu ini,  Bucek menjadi tampil percaya diri, santai dan cukup menikmati.

Simak saja dalam "Pelangi" karya Andre Hehanussa. Lagu dengan lirik yang singkat ini dibawakan dengan baik oleh Bucek. Suara ringan, dan terdengar agak "slengekan", menjadikan lagu ini sangat mudah diingat dan enak didengar.

Tembang "Apakabarmu"  ciptaan  Adjie Soetama yang musiknya diaransement Raidy Noor, juga  dibawakan dengan nada lambat. Alunan backing vokal Rida-Sita-Dewi (RSD) mempercantik lagu yang berkisah tentang seseorang yang memotivasi sahabatnya untuk tetap semangat dan optimis : "Apakabar sahabatku/kamu masih seperti dulu/ dengan mimpi-mimpimu selalu tak mau tahu/janganlah kau bimbang dan ragu/ pastikan langkah pastimu/ tentukan lah seikau, jabat erat tanganku...

Di album besutan CeePee Production ini, Bucek juga menyodorkan alunan yang Rock "n Roll seperti dalam lagu "Baby". Lagu karya  Adjie Soetama juga diperkaya dengan "membubuhi" alunan Rithem  gitar ala "Keith Richard-nya" The Rolling Stones.

Vokal Bucek yang cenderung pas-pasan dan "slengekan" dimodif dengan aransemen musik yang cukup bagus, sehingga tidak dikenali kekurangannya. Beberapa lagu, bahkan menjadi hidup" lantaran disusupi dengan petikan gitar Mus Mudjiono. Pun termasuk Raidy Noor, sang composer yang membuat lagu Bucek makin semarak dengan mewarnai dengan permainan piano yang  sangat menghipnotis dan menjadikan lagu Semakin enak didengar (Easy listening)

Terlepas dari materi lagu yang cukup simpel untuk dimainkan, tampaknya Bucek ingin memberikan sumbangsih bagi dunia musik Indonesia. Apalagi, konon  saat membuat rekaman album ini  Bucek sedang dekat dengan penyanyi  Titi DJ. Sayang, album ini tidak berlanjut. Bucek memulai dan mengakhiri dengan hanya satu album.  [lysthano/foto:ceepee Production]

 
comments powered by Disqus