Musica Top Hits, Bundel Lagu Favorit PT Musica Studio

Mendengarkan kumpulan koleksi lagu-lagu dari banyak musisi atau penyanyi di dalam satu album memang sangat mengasyikkan. Apalagi hasil kompilasi ini terdiri dari    musisi yang yang kita sukai. Adalah PT Musica Studio yang mencoba membuat "bundle" dari  musisi dibawah "binaan"nya dalam satu album kompilasi berjudul  "Musica Top Hits".

Album kompilasi yang tidak dicantumkan tahun  rilisnya ini (berdasarkan wikipedia tahun 1977)  memuat 18 lagu yang dibawakan penyanyi ternama Indonesia seperti Rafika Duri, Andi Meriam Mattalatta, Broery, Grace Simon, Emilia Contessa, Hetty Koes Endang, Rien Djamain, Deddy Dores dan The Rollies.

Musica yang era tahun 70-80-an merajai panggung dunia rekaman Indonesia memang dikenal memiliki banyak artis musisi yang ngetop. Bisa dibilang lebih dari 80 persen musisi Indonesia yang ngetop kala itu di bawah bendera Musica. Sebut saja penyanyi Chrisye, dan Iwan Fals. Hampir semua judul album yang dilansir Musica mencapai hits penjualan terbaik. Beragam penghargaan juga diraih perusahaan label yang hingga kini masih bercokol di daerah pangadegan, Pancoran Jakarta Selatan.

Tidak bisa dipungkiri, kualitas vokal dan musik artis Musica memang bagus. Tidak hanya itu, pilihan lagu berdasarkan pengarang/penulis lagu juga bagus, sebut saja pencipta lagu A Riyanto, Idris Sardi, Yohanes Purba, Yohanes Purba, Yasir Syam, Yoel Crizal dan Broery. Seperti diketahui, penulis lagu seperti disebut diatas memang "pakarnya" membuat lagu cinta.

Misalkan lirik ungkapan cinta "Tak Kulupakan" yang dinyanyikan Hetty Koes Endang karya Yasir Syam. Lagu  bertempo lamban dan berlirik sedih dibawakan dengan penghayatan yang sangat dari Hetty Koes Endang. Permainan piano oleh band pengiring juga sangat  menyentuh bagi yang mendengarkan.

Tembang karya pengarang lagu legendaris, A Riyanto, "Lembah Biru" yang dinyanyikan Andi Meriam Mattalataa juga sangat menyentuh. Nada rendah dibawakan dengan sangat baik oleh Andi, dan ilustrasi musik berupa suara "burung-burungan" juga menjadikan lagu ini lebih "hidup".

Komponis dan pemain Biola "Idris Sardi" juga menyumbang "Karmila" yang dibawakan dengan paduan irama keroncong oleh Grace Simon. Kombinasi nada dari lamban ke lebih cepat dan permainan intonasi suara dari Grace Simon menjadikan lagu ini sangat layak untuk didengar.

Tembang karya si Raja Dangdut, Oma Irama, juga dimasukan oleh Musica dalam album ini. "Kegagalan Cinta" dibawakan dengan sangat baik oleh penyanyi wanita bersuara "berat" Emilia Contessa. Kombinasi musik dangdut dengan alunan tuts piano menjadikan lagu dangdut yang dulu pernah dianggap "murahan" menjadi lebih berkelas.  

Tidak kalah menarik untuk dinikmati, suara vokal bintang film Christine Hakim juga muncul dalam album ini. Bersama Broery, penyanyi cantik itu  membawakan "Dinda dan Kanda". Lagu romantis karya Broery dibawakan dengan karakter vokal variatif antara Broery yang "berat" dengan Christine Hakim yang "tipis". Broery juga menyanyikan lagu karya A Riyanto berjudul "Suzy" yang dinyanyikan dengan sangat riang dan sedikit "ngepop".

Sementara, kelompok band "The Rollies" membawakan dengan baik karya OneDee, "Sinar yang Hilang" dan "Keadilan" karya Uce FT/TZ Iskandar.  Keadilan dibawakan dengan intonasi yang Jazzy, dengan dominasi suara gitar dan terompet.  Namun sayang, dalam "Sinar yang Hilang", The Rollies membawakannya kurang rapi. Lagu yang dibawakan secara duet ini banyak nada yang tidak kompak. [lysthano/foto:koleksi cinmi]
 
Play List :


  1.     Selamat Tinggal (Rafika Duri)
  2.     Lembah Biru (A. Riyanto)
  3.     Karmila (Idris Sardi)
  4.     Suzy (A. Riyanto)
  5.     Kegagalan Cinta (Emilia Contessa)
  6.     Sinar Yang Hilang (The Rollies)
  7.     Doa (Hetty Koes Endang)
  8.     Rahasia Hatimu (Rien Djamain)
  9.     Cinta dan Perkawinan (Deddy Dores)
  10.     Santai (Rien Djamain)
  11.     Cintaku Untukmu (Deddy Dores)
  12.     Kopi Susu (Emilia Contessa)
  13.     Keadilan (The Rollies)
  14.     Tak Kulupakan (Hetty Koes Endang)
  15.     Dinda dan Kanda (Broery & Christine Hakim)
  16.     Jangan Bersedih (Grace Simon)
  17.     Ucapan Selamat (Andi Meriem Mattalata)
  18.     Hati Tertusuk Duri (Rafika Duri)

comments powered by Disqus