Jurang Pemisah, Potret Sosial dari Kacamata Yockie

Sejumlah musisi dan pengamat musik menjulukinya sebagai arsitek musik Indonesia. Ya, Yockie Suprayogo memang dikenal piawai membuat dan meng-aransemen lagu. Even musik fenomenal Lomba Cipta Lagu Remaja (LCLR) tahun 1977 lah yang melejitkan namanya bersama Chrisye dengan lagunya Lilin-lilin Kecil karya James F Sundah. Nah, Ditahun yang sama pula Yockie tergerak untuk membuat album bareng Chrisye bertajuk "Jurang Pemisah".

Seperti dilansir dalam situsnya, Yockie mengakui, album ini merupakan potret realitas sosial, mulai dari masalah lingkungan hingga masalah politik. Konon  lagu dan judul album "Jurang Pemisah"  terinsiprasi dari adanya kesenjangan sosial hingga terjadinya penindasan. Lagu andalan lain, seperti "Jeritan Seberang" malah potret dari segelintir orang para pendukung Republik Maluku Selatan (RMS) yang tidak jelas nasibnya. "Orang-orang maluku yang berhasil dibujuk untuk mendirikan sebuah negara kedaulatan yang baru. Namun pada kenyataannya mereka dibiarkan mengambang dan akhirnya hanya bisa menyesali apa yang sudah terjadi , tanpa bisa berbuat apa-apa lagi," tulis Yockie.

Jangan tanya, aliran apa yang diusung Yockie dialbum ini. Pasalnya kita bisa simak mulai dari yang nge-pop, rock hingga progresif rock ala Emerson Lake and Palmer ada di album ini. Yang pasti, kepiawaian Yockie dalam mengaransemen lagu bisa dibuktikan  dalam album ini.  Mulai dari lagu pertama "Jeritan Seberang" hingga "Dia" yang ditulis bareng Theodore KS, wartawan serba bisa ini.

Kolaborasi dengan Chrisye  merupakan pilihan yang pas. Chrisye yang memiliki suara unik bisa dengan leluasa melakukan improvisasi vokal, mulai dari nada rendah  hingga tinggi. Simak saja dilagu "Jeritan Seberang", "Mesin Kota", "Dendam" dan  "Jurang Pemisah".

Dalam album hasil rekaman di  perusahaan rekaman PT Pramaqua ini, Yockie sempat membawakan dua lagu berjudul " Gerutu-Menggerutu" dan "Harapan". Sejumlah musisi yang terlibat dalam album ini, diantaranya Ian Antono dan  Teddy Sujaya  yang "menyumbang" dalam lagu Putri Malam, Dia dan Mesin Kota.

Meski tergolong lawas, album ini masih bisa dijumpai ditoko kaset besar macam Aquarius Mahakam dan Duta Suara.  Jadi, bila ingin mendengar kepiawaian Yockie dan suara uniknya Chrisye yang bermain diranah nada tinggi, album ini menjadi rekomendasi untuk dimiliki. [lysthano/it]

 
comments powered by Disqus