"Menulis Lagu", Singel Keroyokan Earhouse Songwriting Club

Minggu, 9 Desember 2018

Di tengah kesibukannya sebagai musisi, pasangan Endah Widiastuti dan Rhesa Aditya atau yang lebih dikenal sebagai Endah N Rhesa mengelola sebuah kafe yang berlokasi di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan. 5 tahun berjalan sejak diresmikan pada September 2013, kafe bernama earHouse ini tak hanya jadi tempat tongkrongan namun juga menjelma menjadi wadah bagi fans mereka maupun para pengunjung untuk berkreativitas.

Salah satu kegiatan rutin yang digelar adalah Earhouse Songwriting Club, sebuah kegiatan mingguan yang menjadi sarana berkumpul, berdiskusi, mengapresiasi, dan mencipta lagu. Sejak tahun 2014, kegiatan ini terus berlangsung tanpa dipungut biaya dan dipandu oleh para musisi yang memberikan pengalaman, tips menulis lagu, serta membedah karya mereka. Diantaranya adalah Endah N Rhesa sendiri, Adoy & Bonita, Fia, Riko Prayitno (Mocca), Iga Massardi (Barasuara), Dadang Pranoto (Dialog Dini Hari), Cholil (Efek Rumah Kaca), dan beberapa musisi lainnya.

Hasil nyata dari Earhouse Songwriting Club adalah sebuah lagu bertajuk "Menulis Lagu" yang baru saja dirilis. Lagu ini adalah karya kolaborasi 18 penulis lagu yang terdiri dari Adi Alam, Agung Darisman, Anastasia Mariama Putri, Andin Witama, Aryo “Dakoy”, Ayu Hutagalung, BoRo, Dias “Betong”, Dwiky Arsa, Endah Widiastuti, Fathur Muhtaddin, M. Chairman. S. Akbar, Mr. Tridoyo, Hendi Prasetio, Ihsan Puradisastra, Karina Christy, Rafiansyah Arya, dan Rhesa Adityarama.

Metode yang digunakan dalam menghasilkan karya ini sangat menarik. Setiap penulis lagu diminta untuk menyumbangkan lirik yang akan mereka nyanyikan yang isinya sesuai tema lagunya. Tentu saja akhirnya persepsi menarik muncul dari setiap penulis lagu. Seperti kata Anton, "Kusuka menggali dan mencari jawaban", bahwa menulis lagu sebagai sarana dirinya untuk mencari tahu lebih jauh tentang dirinya maupun hal lain dan kemudian berujung kepada luapan karya. Atau personifikasi terhadap lagu seperti kata Amboro dan Dias “Betong”, "Percaya, percaya. Ia akan terus tumbuh berkembang seperti kita, dewasa dari Sang Pencipta". 

Proses pembuatan lagu ini termasuk singkat, hanya dalam waktu dua kali pertemuan Earhouse Songwriting Club berhasil membuat lirik, nada, dan merekam lagu ini. Hmm, seperti apa jadinya? "Menulis Lagu" dari Earhouse Songwriting Club ini sudah bisa dinikmati di layanan musik digital serta melalui kanal Youtube earHouse. (pr/bug)

comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini