Merinding, Ada Suara Chrisye di Singel Anyar D'Masiv

Rabu, 5 September 2018

Ada yang spesial di singel terbaru D'Masiv yang dirilis akhir Agustus lalu. Dalam tembang bertajuk "Selamat Jalan Kekasih" tersebut, ada suara penyanyi legendaris, Chrisye (Alm.), yang turut menghiasi.

Tak mengherankan sebenarnya karena lagu tersebut sejatinya adalah singel milik alm. Chrisye yang diambil dari album Metropolitan (1984). D'Masiv sudah sejak lama menyukai lagu karya Jockie Surjoprajogo (Alm.) dan Eros Djarot tersebut sehingga terbersit keinginan untuk menyanyikan kembali.

Rencana awal, hanya D’MASIV saja yang akan menyanyikan single ini. Namun Bu Acin (Indrawati Widjaja), bos Musica Studios selaku label yang menaungi mereka menyarankan untuk memasukkan suara asli Chrisye. "Pada awalnya hanya D’MASIV saja yang akan menyanyikan single ini, namun saat meeting, Bu Acin memberikan saran untuk memasukkan suara asli Om Chrisye, dan itu membuat kami merasa merinding dan terhormat," ucap sang vokalis, Rian, dalam siaran persnya.

Keistimewaan "Selamat Jalan Kekasih" tidak hanya sampai disitu. Hadirnya suara Maizura sebagai guest star menambah keindahan dalam single ini. Maizura merupakan artis yang multitalenta. Selain bernyanyi, dia juga membintangi beberapa film layar lebar. Jadi lengkap sudah, singel ini dibawakan oleh 3 generasi yang berbeda.

Cerita dibalik proses penggabungan vocal Rian, Chrisye, dan Maizura juga terbilang sangat spesial, karena menggabungkan 3 suara vokal yang direkam pada lintas waktu berbeda yang terpaut 34 tahun. Perbedaan zaman dulu dan sekarang yang juga menjadikannya unik ialah perekaman vokal Chrisye pada tahun 1984 masih memakai pita atau berbentuk analog, sedangkan perekaman vocal Rian dan Maizura saat ini berbentuk Digital. Tak hanya itu, perbedaan tinggi notasi dari vocal keduanya yang berbeda juga menjadi cerita yang seru.

"Penggabungan 3 vokal juga harus sangat hati-hati, karena penempatannya juga tidak bisa sembarangan harus pakai rasa, kalau tidak suka lagunya bakalan susah," imbuh Rian.

Bagi yang pernah mendengarkan "Selamat Jalan Kekasih" versi Chrisye, tentu bakal merasa kalau singel tersebut sudah sangat kuat, baik dari notasi maupun liriknya. Karenanya, aransemen baru yang dilakukan pada single versi D'Masiv dibuat sedemikian rupa sehingga tidak mengurangi notasi aslinya.

Seperti apa "Selamat Jalan Kekasih" versi baru ini? Segera dapatkan di platform musik digital favoritmu ya! (pr/bug)

comments powered by Disqus