Damon Koeswoyo Rintis Karir Solo Lewat Singel "Sepi"

Jumat, 6 Juli 2018

Damon Koeswoyo

Putra ketiga dari musisi legendaris Tonny Koeswoyo, Damon Koeswoyo, baru saja merilis single solo perdananya, "Sepi", yang mengusung nuansa rock/new wave. Single ini digarap oleh Damon bersama pendiri dari Sinjitos Records, Joseph ‘Iyub’ Saryuf, yang ditunjuk sebagai music director. 

"Pada awalnya Iyub sempat bertanya, ‘Kita referensinya mau ke mana?’ Gue sempat bilang kalau gue suka Depeche Mode yang ternyata masih selera musiknya dia juga,” ungkap Damon dalam siaran persnya.

"Damon itu musisi yang sangat suka rock 80-an sampai 90-an. Itu jiwanya dia yang sampai kapan pun tidak boleh hilang,” sambung Iyub. “Akhirnya gue muncul dengan konsep nostalgia, bukan berarti kita kembali ke musik almarhum ayahnya bersama Koes Plus, tetapi bagaimana musik-musik lama bisa terhubung dengan jiwanya Damon dengan sentuhan yang lebih modern.”

Dari sisi lirik, Damon mengatakan bahwa single “Sepi” berkisah tentang pengalaman pribadi yang ia rasakan. “Ini seperti retrospektif pengalaman pribadi gue di tahun 2002,” terangnya. “Cukup subjektif karena seputaran tentang apa yang gue rasakan dan lihat pada saat itu.”

Sebelum bersolo karir, Damon lebih dulu dikenal sebagai personel di beberapa band yaitu Kidnap Katrina hingga Koes Plus 2nd Generation; band cover yang beranggotakan anak-anak personel Koes Plus. Tampil memainkan lagu-lagu Koes Plus bersama Koes Plus 2nd Generation membuat Damon mendapat pembelajaran sekaligus kekaguman dari mendiangnya ayahnya sebagai musisi.

Banyak pembelajaran yang gue dapat setiap membawakan lagu-lagu Koes Plus; dari pembuatan lagu, melihat betapa kuatnya komunitas penggemar mereka, hingga memahami sikap bahwa musisi bukan soal gaya-gayaan saja,” ucap Damon. “Gue tidak bisa lepas dari pengalaman-pengalaman itu. Di sisi lain gue juga punya mimpi besar di mana salah satunya adalah karir solo ini. Jadi sekarang tinggal bagaimana membagi porsi keduanya.”

Single “Sepi” merupakan salah satu materi dari album pendek Damon yang dijadwalkan rilis pada akhir tahun ini. Sebagai jembatannya, “Sepi” direncanakan bakal dirilis dalam format video musik.

Gue tidak ingin orang-orang mudah menilai karya Damon,” kata Iyub menaruh harapannya terhadap “Sepi”. “Karena lagu ini ditujukan kepada semua generasi, mulai dari yang tua sampai yang muda”. Damon pun menambahkan, “Gue tidak terfokus kepada single ‘Sepi’ nantinya akan diterima oleh publik seperti apa. Karena gue sangat senang dapat merilis lagu ini dengan kinerja tim yang bisa menggarap konsep dengan sangat hebat.”

Seperti apa singel debut milik Damon Koeswoyo ini? Segera dapatkan di layanan musik digital favoritmu. (pr/bug)

comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini