PCINU Gelar Konser Dakwah di Belanda dan Jerman

Kamis, 5 April 2018

Kelompok musik religi Ki Ageng Ganjur, pimpinan Zastro Ngatawi, akan tampil konser di tiga tempat di eropa; Amsterdam, Den Haag, dan Hamburg. Seperti yang dilansir dalam rilisnya, gelaran acara yang diinisiasi  Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Belanda dan Jerman merupakan bagian dari misi duta budaya Indonesia.

Ketua Lesbumi PCINU Belanda, Aminudin Siregar  mengatakan  bahwa Ki Ageng Ganjur punya daya magnet yang kuat untuk kalangan penduduk asli Eropa. Kelompok musik religi Ki Ageng Ganjur mengombinasikan aransemen etnik dan modern, sekaligus membawa pesan damai, humanis dan nilai-nilai toleransi. 

"Ini sangat sesuai dengan selera masyarakat eropa yang cenderung berbudaya tinggi," kata Aminuddin, dalam rilisnya hari ini, Kamis (04/04). 

Ketua Tanfidziyah PCINU Belanda, Ibnu Fikri, menyatakan bahwa Gelar Budaya ini adalah kelanjutan dari Konferensi Internasional tentang Islam Nusantara yang diselenggarakan di Vrije Universiteit (VU) Amsterdam, 2017 lalu. Dia menambahkan bahwa PCINU Belanda memiliki agenda besar untuk mempromosikan Islam Nusantara di tengah-tengah publik Eropa.

Kandidat Doktor Sosial dan Antropologi Budaya di Vrije Universiteit (VU) Amsterdam ini juga menjelaskan bahwa PCINU Belanda telah bekerja sama dengan beberapa pihak, diantaranya kampus Universiteit van Amsterdam sebagai tempat roadshow pertama, KBRI Den Haag sebagai jalur struktural diplomasi antar negara, serta organisasi lokal Persatuan Pemuda Muslim Eropa (PPME), dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Belanda.

Di tempat terpisah, Rois Syuriah PCINU Belanda, KH. Nur Hasyim berharap agar penyelenggaraan kegiatan ini dapat mempertemukan konsep dakwah melalui seni yang akhir-akhir ini banyak ditentang oleh ulama garis keras. “Kita berharap Ki Ageng Ganjur mampu menunjukkan budaya Islam Indonesia yang berbeda dengan budaya Islam yang dominan di media eropa," tutur Nur Hasyim. [ril/pcinu/foto:Ibnu Fikri/PCINU Belanda]

comments powered by Disqus