Joox Indie Workshop Sambangi Yogyakarta

Jumat, 30 Maret 2018

Joox Workshop
(ki-ka) Girindra Prabowo Okky (GM Content Department of Tencent Indonesia),  Wendi Putranto (manajer band Seringai), Reno Ferthano (Euforia Digital) dan Kiki Pea (Radio Soekamti)

Setelah Surabaya, rangkaian "Joox Indie Workshop" bergeser ke kota Gudeg, Yogyakarta. Acara yang digagas oleh penyedia musik digital streaming JOOX ini berlangsung di Liquid Kitchen pada 28 Maret kemarin, dengan narasumber Kikie Pea (Radio Soekamti) dan Reno Ferthano (Euforia Digital). 

"JOOX Indie Workshop" diadakan untuk membekali para musisi indie mengemas dan memasarkan talenta yang mereka miliki secara profesional di era digital. “Kami ingin membantu para musisi indie di Indonesia memperluas jaringan distribusi mereka dan terhubung dengan penggemar mereka secara ekstensif melalui platform digital yang legal dan mendapatkan manfaat signifikan untuk mengembangkan musik mereka," ungkap Girindra Prabowo Okky, GM Content Department of Tencent Indonesia.

Menurut pengamat musik asal Yogyakarta, Kikie Pea, acara ini adalah upaya "turun ke bawah (turba)" yang dilakukan JOOX untuk membuka kesempatan bagi musisi indie lokal untuk menambah pengetahuan mereka mengenai distribusi musik secara digital. 

"Kota Yogyakarta ini boleh dianggap sudah memiliki laboratorium bagi para musisi indie untuk menemukan formula yang tepat. Tradisi kreatif ini sudah mengakar dalam di kalangan musisi lokal. Kini dengan kehadiran platform digital seperti JOOX, para musisi lokal akhirnya bisa memetik buah dari kerja kerasnya di 'laboratorium' musik ini," ungkap Kikie.

Dalam kesempatan yang sama, Reno Ferthano, pegiat musik digital Yogyakarta
mengajak para musisi indie lokal untuk memanfaatkan partnership dengan JOOX untuk
menjual musik mereka. "Sebagai musisi, kita harus sadar bahwa zaman tengah berubah dan justru semakin mendukung kita, karena kita semakin mudah untuk memasarkan karya-karya kita. Sekarang tidak ada sekat-sekat lagi antar jenis musik, yang ada hanya musisi, karya dan penggemarnya," ajak Reno.

JOOX Indie Workshop Roadshow bertujuan membangun ekosistem positif bagi industri musik Indonesia, termasuk musisi independen. Acara ini terbuka untuk musisi indie yang sudah memiliki single atau album namun belum mendistribusikan musiknya di JOOX atau belum pernah menggunakan platform digital. Event ini pun terbuka musisi independen baru yang ingin lebih jauh memahami cara kerja industri musik digital.

Senior Business Development Director of Tencent International Business Group, Benny Ho, mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki banyak musisi berbakat yang tersebar di berbagai daerah, namun banyak dari musisi indie ini belum memiliki medium untuk menampilkan talenta mereka. “Misi JOOX adalah memberdayakan industri musik Indonesia dan membantu pertumbuhan musik streaming yang legal dan berkualitas tinggi. Dengan memberi para seniman ini akses langsung ke JOOX, kami membantu musisi lokal untuk menjadi lebih sukses,” pungkas Benny.

Setelah Surabaya dan Yogyakarta, acara ini akan diadakan juga di kota-kota lain seperti Bandung pada 11 April 2018 dan Jakarta pada 25 April 2018. Melalui JOOX Indie Workshop Roadshow, musisi independen di empat kota ini dapat melengkapi bakat dan kreativitas mereka dengan pengetahuan baru tentang pemasaran digital melalui platform musik streaming dan memperluas jaringan distribusi bagi karya-karya mereka. 

Jadi buat musisi independen yang ada di Bandung dan Jabodetabek, jangan sampai lewatkan acara ini ya! Untuk berpartisipasi langsung saja hubungi JOOX melalui mia.amalina@equator-id.com, atau pantau terus media sosial @JOOXID di facebook dan instagram. (pr/bug)

comments powered by Disqus