Konser David Foster Gemakan Eks Pabrik Gula Colomadu Karanganyar

Minggu, 25 Maret 2018

Musisi internasional David Foster menggelar konser di De Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (24/3) petang. Ada banyak kejutan di pertunjukan kelas dunia bertajuk "Hitman David Foster and Friends" itu.


Komposer 68 tahun asal Kanada itu mengaku senang bisa tampil di eks pabrik gula Colomadu yang dibangun tahun 1861 dan kini disulap jadi gedung budaya. Ia berbagi panggung dengan musisi Brian McKnight, Anggun C Sasmi, Sandy Sandhoro, Yura Yunita, dan band IV of Spades.

"Selamat malam semua. Ini malam yang hebat karena tidak hanya satu, dua, atau tiga, tetapi ada empat penyanyi hebat Indonesia yang tampil bersama saya. Anda harus bangga memiliki mereka," kata Foster yang segera bersiap di balik grand piano-nya.

Ia membuka konser dengan memainkan komposisi "Winter Games" yang diciptakan sebagai lagu tema Olimpiade Musim Dingin 1988. Selanjutnya, satu per satu penampil lain naik panggung dan bernyanyi diiringi permainan piano sang legenda serta band pengiring.

Penonton tak henti bernyanyi bersama saat lagu-lagu hit Foster dilantunkan. Beberapa di antaranya "Thru The Fire", "You're The Inspiration", "I'm Every Woman", "All By Myself", "Unbreak My Heart", "After The Love Has Gone", dan "I Swear".

Daya tarik konser Foster bukan sekadar lagu-lagu yang memicu nostalgia, permainan instrumen penuh penguasaan, dan kualitas musik yang mumpuni. Justru yang paling menarik adalah interaksi Foster dengan audiens yang kocak dan mengalir.

Beberapa kali Foster turun ke bangku penonton dan tidak keberatan saat audiens minta berswafoto. Ia memberikan kesempatan kepada beberapa orang untuk menyanyikan lagunya, lantas memberikan pujian apresiatif setiap kali mereka selesai.

Pemenang 16 penghargaan Grammy Award itu juga bercerita tentang lagu-lagunya, kariernya, dan kecintaannya pada Indonesia. Ia merasa sedikit demi sedikit menjadi orang Indonesia karena sangat sering bertandang ke tanah air, sekitar 20 kali sejak tahun 1990-an.

"Yang paling saya sukai dari Indonesia adalah kalian semua sangat menyukai musik. Kalian semua selalu menyanyikan lagu-lagu saya dengan sangat baik," tutur Foster yang menutup konser dengan lagu "September" bersama seluruh penampil.

 

[republika/foto:rri.coid]

comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini