Java Jazz Festival 2018

Menlu Retno Sumbang Lagu untuk "Elek YO Band"dan "The Diplomat"

Minggu, 4 Maret 2018

 Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kembali menyumbangkan suara di gelaran Java Jazz Festival (JJF) 2018, Ahad (4/3). Setelah tampil sebagai personel grup musik para menteri Elek Yo Band di hari pertama festival, kini ia manggung bersama The Diplomats.

"Saya merasa terhormat menjadi tamu di panggung ini. Sore ini saya tamu, jadi satu lagu saja ya," kata perempuan 55 tahun kelahiran Semarang itu kepada para penonton yang berteriak riuh-rendah di panggung luar ruang Java Jazz Stage.

Sebelum melantunkan lagu pilihannya, Retno menjelaskan latar belakang band The Diplomats yang terdiri dari para diplomat lintas generasi. Ia berseloroh bahwa dirinya adalah generasi termuda dibandingkan seluruh personel band.

Tema penampilan The Diplomats sore itu adalah keindahan Indonesia Timur sehingga para personel band mengenakan kain tradisional khas yang menampilkan keragaman budaya di sana. Termasuk Retno yang tampil sederhana mengenakan atasan putih, topi bundar, dan selendang tradisional.

"Lagu ini berjudul "Kau Semakin Mempesona". Saya dedikasikan untuk perdamaian dunia," ujar Retno menjelaskan lagunya dan mengatakan musik adalah alat paling tepat untuk menyuarakan perdamaian dunia.

Ketika tidak sedang bernyanyi, Retno duduk menyimak penampilan The Diplomats bersama pengunjung Java Jazz lain. Band yang para personelnya bisa berubah dengan fleksibel tersebut menyanyikan lagu ciptaan sendiri, lagu Indonesia, hingga lagu Barat.

Beberapa di antaranya adalah "My Funny Valentine" karya Frank Sinatra, "Through The Fire" gubahan David Foster, dan lagu penghabisan "You Are The Universe". Para personel pun tak ragu berinteraksi dengan penonton dan menjelaskan alasan pemilihan sejumlah lagu.

"Lagu "Through The Fire" dari David Foster ini kami nyanyikan karena sebagai diplomat kami harus selalu siap melindungi bangsa dan negara," tutur Sartono Hendrarso, salah satu vokalis The Diplomats mewakili rekan-rekannya. [ant/rol/c2/foto:istimewa]

comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini