Kenalkan Islam yang Ramah, J-Rocks Rilis Ulang "Wudhu"

Sabtu, 27 Januari 2018

Dalam rangka mengenalkan kembali ajaran Islam yang damai dan bersahabat, Grup musik J-Rocks menyanyikan kembali lagu yang pernah dibawakan "BIMBO". Tembang berjudul Wudhu, diharapkan pesannya bisa sampai kepada para penggemarnya. 

Dibawah label "Reborn Studios", J-Rocks mengaransemen lagi tersebut dengan nuansa yang berbeda dari lagu aslinya.  

Pimpinan Reborn Studios, Deden Ridwan,   yang memproduksi ulang lagu "Wudhu" mengatakan, melalui lagu dan vidio klip tersebut diharapkan pesan toleransi dan perdamaian bisa dipahami generasi milenial.

"Ada pesan yang ingin disampaikan bersama menyangkut Indonesia damai yang toleran, beragam dan saling menghargai. Ini yang jadi pertimbangan kami," ujarnya di sela peluncuran vidio klip J-Rocks "Wudhu" di Jakarta.

Deden mengatakan, pihaknya bersama Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta sengaja menggandeng grup musik J-Rocks untuk menyampaikan pesan damai dan toleransi serta mencegah radikalisme yang cenderung meningkat di kalangan generasi muda.

Menurut Saiful Umam, salah seorang penggerak PPIM, mengatakan hasil riset dan survei yang dilakukan pihaknya menunjukkan betapa rentan generasi milenial terhadap isu-isu toleransi, keberagaman, maupun radikalisme.

"Secara umum anak muda masih bersikap moderat, namun (penyebaran) intoleransi cenderung menyasar ke kalangan anak muda, terutama melalui media sosial. Mereka menjadi," katanya.

Untuk itu, tambahnya, melalui vidio klip "Wudhu" yang dinyanyik J-Rock, anak muda menjadi target kampanye Islam yang bersahabat atau "ngefriend", yang saling percaya, saling menghargai, tidak saling mencurigai dengan orang lain.

Vokalis J-Rocks Iman Taufik Rahman mengaku senang dapat mengaransemen ulang lagu "Wudhu" karena lirik-liriknya memiliki pesan yang mendalam.

"Alhamdulillah senang bisa mengaransemen ulang lagu `Wudhu` ini. Ada semangat ukhuwah dalam lagu ini," ujar Iman.

J-Rock yang beranggotakan Iman, Soni, Anton dan Yoga tersebut selama ini dikenal sebagai grup musik yang berlaran "Japanese-rock" sehingga lagu Bimbo yang lembut pun digubah dengan nuansa rock.

"Semoga hasilnya tidak merusak pesan dan kaidah-kaidah lagu itu. Lagu `Wudhu` bagi kami sakral banget," ujarnya.

J-Rocks bukan pertama kali mengaransemen lagu rock religi, sebelumnya mereka pernah membawakan lagu "Assalamualikum", karya Opick.

Selain itu single mereka "Tersesat" menjadi referensi kreativitas dan kemampuan band yang memiliki penggemar hingga ke Jepang tersebut.

Sementara itu Reborn mengharapkan melalui lagu dan vidio klip Wudhu pesan toleransi dan perdamaian bisa dipahami generasi milenial.[ant/c2/foto:istimewa]

comments powered by Disqus