Musisi Legenda Koes Plus, Yon Koeswoyo, Meninggal Dunia

Jumat, 5 Januari 2018

Musisi dan penyanyi legenda dari grup band Koes Plus, Yon Koeswoyo meninggal dunia tadi pagi, 5 Januari 2018 karena penyakit komplikasinya yang sudah lama dideritanya. Sang Penggerak Koes Plus meninggal dalam usia 78 tahun dan disemayamkan di rumahnya Jl Salak Pamulang, Tangerang.

Yon Koeswoyo adalah anak keenam dari sembilan bersaudara anak dari pasangan Raden Koeswoyo dan Rr. Atmini asal Tuban Jawa Timur. Beliau lahir  di Tuban, Jawa Timur, 27 September 1940. 

Kiprahnya di dunia musik dimulai tahun 1963 saat mendirikan band bernama Kus Bersaudara. Perjalanan band ini tidak  berjalan mulus. Beberapa kali gonta-ganti  nama band, berikut personelny. Tidak hanya itu, di zaman pemerintahan orde lama, dia bersama teman-temannya pernah merasakan dinginnya lantai penjara Glodok akibat musiknya yang ditolak rezim karena kebarat-baratan. 

Diakhir karirnya  Yon menjadi satu-satunya keluarga Koeswoyo yang masih tersisa dalam Band Koes Plus. Yon kemudian merekrut para pemain muda yakni : Danang ex B-Plus (guitarist), Soni ex B-Plus (bassist), dan Seno (drumer ) untuk menggenapi formasi Koes Plus yang ia sebut sebagai "Koes Plus Pembaharuan" atau Koes Plus formasi milenium. Formasi ini masih eksis sejak tahun 2004 hingga saat ini.

Sejumlah lagu  karyanya yang sempat hits, diantaranya  'Andaikan Kau Datang Kembali', 'Kolam Susu', 'Bujangan', hingga 'Why Do You Love Me'. 

Yon Koeswoyo meninggalkan 4 orang anak (dari dua orang istri, istri pertama cerai)

Selamat jalan mas Yon, karyamu, musikmu akan abadi dikenang. [bbs/lzt/foto:istimewa]

comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini