Eksplorasi Suara Hutan, DJ Ninda Luncurkan "The Birds of Paradise"

Selasa, 5 Desember 2017

 


Salah satu upaya "menggerakkan" anak-anak muda untuk peduli lingkungan adalah dengan musik. Adalah Disc Jockey (DJ) Ninda Felina yang belum lama melakukannya. Lewat lagu berjudul "The Birds of Paradise", DJ muda ini mengekplorasi suara-suara berbagai binatang yang terdapat di dalam hutan. 

Dengan dukungan organisasi peduli lingkungan, Greenpeace, dan komposer ternama Ben Rosen, Ninda "terbang" ke salah satu hutan di Papua Barat untuk membuat music project ini. Proyek kolaborasi yang bertajuk Save Our Sounds (SOS) ini menggunakan suara-suara satwa dan alam yang direkam oleh Ninda dan Mark Roberts saat menjelajah di salah satu desa yang terpencil di Papua Barat yaitu Desa Malagufuk.

Dengan peralatan yang cukup "canggih" Ninda konon berhasil merekam suara Burung Cendrawasih, semut berbaris, serangga-serangga dan binatang malam, serta suara hujan dan aliran air sungai yang menenangkan. Melalui SOS, Ninda sekali lagi menunjukkan kepedulian dan kecintaannya terhadap hutan Indonesia, setelah sebelumnya ia juga terlibat sebagai relawan Tim Cegah Api bersama Greenpeace Indonesia. 

Berbeda dengan aksinya saat bergabung dengan Tim Cegah Api, kali ini ia memadukan musik dengan suara alam, dan mengajak penikmat musiknya untuk bersama-sama menjaga hutan Indonesia. “Terbiasa tinggal di hutan metropolitan seperti Jakarta, membuat saya sangat takjub dengan keindahan suara-suara fauna para penghuni hutan. Perjalanan selama empat jam berjalan kaki ke Desa Malagufuk, melewati medan berlumpur di tengah malam, sangat terbayar dengan berhasil mendengar dan mengabadikan berbagai suara menarik dari satwa-satwa di hutan,” ujar Ninda.

“Suara-suara ini menginspirasi saya untuk menciptakan sebuah karya, yang tidak hanya akan memberikan warna baru pada musik saya, tetapi juga menginspirasi masyarakat luas untuk semakin mencintai dan menjaga hutan kita,” lanjutnya. 

Peluncuran The Birds of Paradise menjadi bagian dari acara SOS Make-A-Thon, yang berlangsung selama Hari Sabtu-Minggu, 21-22 Oktober 2017, di Menara by Kibar, Jakarta Pusat. Pada acara yang dihadiri oleh berbagai insan kreatif muda tersebut, Ninda juga berbagi cerita seru dibalik proses produksi lagu terbarunya, termasuk perjalanannya yang tak terlupakan ke Papua Barat. Anda dapat mengunduh The Birds of Paradise di laman www.SOSForests.org dan Spotify. 

Seperti diketahui, ajang  SOS Make-A-Thon diikuti oleh sekitar 20 kolaborator dari berbagai latar belakang kreativitas. Para kolaborator terlibat langsung dalam proses design-thinking untuk menciptakan karya dengan tema SOS. Sejumlah karya terbaik akan dibawa ke ajang Wonderfruit Festival di Thailand, Desember mendatang, memberikan kontribusi untuk Rainforest Pavilion. Di festival tersebut, Ninda juga akan memperkenalkan lagu terbarunya. Wonderfruit merupakan festival tahunan di Thailand yang menampilkan berbagai pertunjukan seni dan musik yang mendukung gaya hidup dan lingkungan berkelanjutan.  [PR/c2/foto:generation-g.id]

comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini