"8 Tahun", Kilas Balik Karir Bermusik Adhitia Sofyan

Selasa, 11 Juli 2017

Adhitia Sofyan kembali menunjukkan produktifitasnya dengan melepas sebuah mini album bertajuk "8 Tahun". "8 Tahun" adalah sebuah cerita kilas balik saat kali pertama Adhitia Sofyan terjun di dunia musik. 

Pembeda mini album ini dengan rilisan-rilisan sebelumnya adalah empat buah lagu dinyanyikan dalam Bahasa Indonesia dan satu lagu berbahasa Jawa. Total ada lima lagu yang tersaji di dalam mini album “8 Tahun”, yaitu “Seniman” (single pertama), “Naik Kereta Saja”, “Sesuatu Di Jogja”, “8 Tahun” serta lagu “Dan Ternyata” yang menggunakan Bahasa Jawa. Lagu “8 Tahun” sendiri dipilih menjadi judul sekaligus sebagai single kedua mini album ini. 

"Membuat lagu Bahasa Indonesia ini juga cukup menakutkan, kita bermain di ‘area / kandang’ sendiri. Lirik-liriknya harus memiliki keseimbangan yang pas; fresh dan beda, tidak boleh klise dan generic dan harus memiliki gaya saya sendiri," tuturnya.
 
Pada mini album “8 Tahun”, Adhitia Sofyan berinisiatif untuk kembali ke gaya bermusiknya seperti semula setelah bereksplorasi dengan musiknya di album sebelumnya, “Silver Painted Radiance”, dimana dia melakukan rekaman di studio dengan format band dengan aransemen yang lebih kompleks dari biasanya.

Setelah memproduksi album Silver Painted Radiance, saya merasakan kebanyakan lagunya kurang memiliki koneksi dengan pendengar. Mungkin lagunya yang rumit atau saya berusaha terlalu keras dalam mencoba membuat lagu bernuansa baru yang beda, jadi malah kehilangan simplisitasnya. Lagu yang selalu didengar audiens masih saja lagu dari album pertama dan kedua, dan sedikit album ketiga. Sebelum saya ‘menghilang’ terlalu jauh, saya perlu ‘pulang’ ke rumah.”, lanjut Adhit. 

8 Tahun” telah dirilis secara digital pada hari Senin, 10 Juli 2017, dan akan disusul dengan format CD. (pr/bug)

comments powered by Disqus