Adhitia Sofyan Perlu 8 Tahun Untuk Lahirkan "Seniman"

Kamis, 23 Februari 2017

Adithia Sofyan - SenimanAdhitia Sofyan merilis singel baru bertajuk "Seniman" secara digital kemarin, Rabu (22/2/2017). Sebuah lagu nan 'istimewa', pasalnya penyanyi/pencipta lagu asal Bandung tersebut butuh waktu hingga 8 tahun untuk merampungkannya!

8 Tahun lalu saya menemukan lirik dari verse pertama lagu Seniman, tapi tidak bisa meneruskannya karena belum menemukan ide lagunya. Setiap kali dicoba selalu gagal terus. Akhir 2016 baru saya push diri sendiri untuk bikin lagu Bahasa Indonesia. Tapi secara pribadi, ini bukan soal di push atau tidak, lagu ini belum jadi karena memang belum waktunya saja”, cerita Adithia tentang singel anyarnya.

Penyebab utama lagu ini sulit dirampungkan adalah persepsi Adhitia sendiri yang awalnya masih ingin membawa lagu “Seniman” ini seperti ide pada setiap lagunya terdahulu yang didominasi dengan tema patah hati. Namun baru disadari ternyata lagu ini memiliki cerita yang sama sekali berbeda yaitu bertutur tentang seorang seniman itu sendiri.

Kesederhanaan tetap menjadi identitas Adhitia Sofyan ketika ia menulis lagu menggunakan bahasa ibu. Tergambar dari cara bertutur apa adanya namun memiliki kejujuran yang mengaduk-aduk emosi berbuah renungan. 

Beberapa lirik yang ditulis Adhitia Sofyan adalah gambaran umum dari kebiasaan para seniman seperti bangun tidur tidak terlalu pagi karena produktifitas serta pekerjaan seringkali dilakukan saat malam menuju dini hari, akrab dengan kesunyian ditemani secangkir kopi. Ia sangat paham dengan momen kelahiran karya dan mengajak pendengarnya untuk masuk ke dalam dunia dan alam pikirnya. Memahami Adhitia Sofyan, memahami seorang seniman.

"Seniman" menjadi single pertama dari mini album yang rencananya nanti akan dirilis dalam waktu dekat. Di album tersebut, Adhitia Sofyan akan kembali dengan konsep bermusiknya terdahulu sebagai 'bedroom musician' yang spontan dan bersahaja. 

Single “Seniman” sudah dinikmati di kanal-kanal musik digital, diantaranya adalah :

  • https://open.spotify.com/album/0V3dtdAia0jk68ON6fKH9c
  • https://itunes.apple.com/id/album/seniman-single/id1208535358

Sedangkan video liriknya bisa dinikmati dalam sematan Youtube di bawah ini! (pr/bug)

comments powered by Disqus