Lebih Dekat Dengan Artis-Artis The 90's Festival 2015 (2)

Senin, 19 Oktober 2015

The 90's Festival

Selain P Project, Base Jam Reunion, Java Jive, Rida Sita Dewi, Bunglon dan Frente, masih ada 11 artis dan band lain yang akan memeriahkan "The 90's Festival" di Istora Senayan, Jakarta, pada tanggal 7 November mendatang.

Enam diantaranya adalah Jingga, Protonema, ME, Iwa K, Neo dan Sweet Martabak. Berikut ini sekilas profil mereka :

​Jingga

Duo yang dibentuk tahun 1995 dan hanya bertahan dua tahun ini beranggotakan Fe dan Therry. Pada tahun 1996 album pertama dan terakhir mereka, "Tentang Aku" dirilis. Album berisi 9 lagu itu memuat sebuah singel hits yang populer hingga saat ini, yaitu lagu "Tentang Aku". Lagu tersebut pernah dinyanyikan kembali oleh Andien di albumnya Kinanti (2002).

Setelah hampir 20 tahun tidak bertemu dan tampil, kini mereka siap reuni di The 90's Festival.

Protonema

Protonema adalah band asal Bandung yang terbentuk tahun 1989 dengan personel awal terdiri dari Doddy (bass), Gun Gun (keyboard), Didiet (drum), dan Sidik (gitar) yang merupakan teman SMA di SMA 2 Bandung. Seiring berjalannya waktu Protonema mengalami beberapa pergantian personel, yaitu Lusman menggantikan posisi Doddy, Beny menggantikan Gun Gun serta masuknya Micko (ex Java Jive) sebagai vokalis.

Tahun 1996 album pertama mereka dirilis. Album self titled yang mengandalkan singel "Kiranya" itu sukses melambungkan nama mereka. Setahun berselang album kedua mereka "November" dirilis. Album tersebut mengandalkan singel "Rinduku Adinda", "Terlalu Cinta" & "Seluruh Hati". Sayangnya di tengah kesuksesan Protonema diganggu dengan isu keretakan personel sehingga berimbas pada mundurnya Micko, yang di kemudian hari digantikan posisinya oleh Ian. Bersama Ian, Protonema merilis album ketiganya "Pilihan Pertama" pada tahun 2000. Setelah itu Protonema memutuskan untuk vakum cukup lama dari dunia musik. 

Tahun 2008, Protonema dikejutkan dengan berita meninggalnya Micko, mantan vokalis mereka akibat serangan jantung. Dan kini, 7 tahun setelah kematian Micko, Protonema akan kembali reuni di The 90's Festival. Posisi vokalis nanti akan diisi oleh istri dari alm. Micko, Vivie.

M.E

M.E dibentuk tahun 1997. Boyband asal Bandung ini beranggotakan Denny Saba, Didan Fitrasakti, Iravan Mirza, Ferry Iskandar M., dan Widi Cipto Utomo. Tahun 1997, mereka muncul dengan dua singlenya yang diproduseri Purwa Tjaraka, yaitu Ada Satu dan Kasih Putih ciptaan Trie Utami. Boyband ini semakin terkenal pada tahun 1998 ketika mengeluarkan album Terbuka yang memuat single Inikah Cinta. Video klip "Inikah Cinta" mampu menyabet penghargaan Koreografi Terbaik di ajang Video Musik Indonesia. 

Sayang M.E tak berumur panjang, karena setelah melepas album "Terbuka" mereka membubarkan dir. Masing-masing anggotanya membentuk boyband sendiri. Denny dan Didan membentuk duo Denny-Didan, sedangkan Irvan, Ferry, Widi, dan ditambah satu orang lagi (Ricky Sadwika) membentuk boyband Nine Seasons.

Setelah lama berpisah, M.E siap kembali tampil bersama di The 90's Festival.

 

Iwa K

Iwa K adalah pelopor musik rap di Indonesia. Pada era 80-an, saat anak muda dilanda musik rock, Iwa sudah mulai bergelut dengan musik rap. Album pertamanya "Kuingin Kembali" dengan singel "Kuingin Kembali" dan "Batman Kasarung" yang dirilis tahun 1993 sukses melambungkan namanya di dunia musik tanah air.  

 

Selanjutnya empat buah album dilahirkannya, yaitu Topeng (1994), Kramotak! (1996), Mesin Imajinasi (1998), dan Vini Vidi Vunky (2002). Hits-hits yang dilahirkan Iwa K sepanjang karirnya antara lain adalah Nombok Dong, Malam Ini Indah, Bebas, Topeng dan Kramotak.

NEO

NEO adalah grup rap yang terbentuk pada tahun 1999 dengan personel Udet, Abe, Doniel, Aldy, dan Dery. Mereka pertama kali bertemu di acara festival rap pada tahun 1993. Sepanjang karirnya mereka telah merilis enam album, yaitu Borju (1999), Bahagia (2000), Tu..La Lit (2002), NEO (2004), BOSS (2007), dan Positivity (2013). 

Grup pemilik hits "Borju", "Tu La Lit" dan "Boss" itu pernah mendapat penghargaan Anugerah Musik Indonesia untuk kategori Rap/Duo/Group dan Lagu Terbaik pada tahun 1999 dan 2000. 

Saat ini personel NEO hanya tersisa tiga orang, yaitu Udet, Aldy, dan Dery. Ketiganya siap menghibur pecinta musik rap di The 90's Festival 2015.

 

Sweet Martabak

Grup rap beranggotakan Ferry dan John ini mulai muncul di album Pesta Rap 2 (1996) dengan singelnya "Metropolitan". Namun nama mereka baru melejit setelah merilis singel "Tididit" yang masuk di album kompilasi Pesta Rap 3 (1997). Lagu ini cukup populer pada saat itu karena tema yang diangkat adalah tentang PAGER, alat komunikasi yang waktu itu masih banyak digunakan.

 

Demikian profil enam artis/band yang akan turut memeriahkan The 90's Festival. Untuk info dan pembelian tiket dapat diakses di tautan ini, atau bisa juga dilihat di akun twitter dan instagram @the90sfestival serta facebook The 90s Festival. (pr/bug)

 

comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini