Lebih Dekat Dengan Artis-Artis The 90's Festival 2015 (1)

Senin, 19 Oktober 2015

The 90's Festival

Tanggal 7 November nanti di Istora Senayan, Jakarta, akan digelar "The 90's Festival", sebuah festival nostalgia terbesar di Indonesia.

Dengan tema "BIG REUNION", kali ini "The 90's Festival" menghadirkan artis-artis 90an yang sudah lama vakum dan hilang yang akan reuni kembali.

Siapa saja artis atau band yang akan tampil? Berikut ini sekilas profil mereka :

P Project

Padhyangan atau yang lebih akrab dikenal dengan P-Project atau Project-P adalah kelompok komedi asal Bandung yang dibentuk oleh mahasiswa dua perguruan tinggi Universitas Padjajaran dan Universitas Katolik Parahyangan pada tanggal 4 Desember 1982. 

Nama mereka semakin dikenal sejak membuat album rekaman lagu-lagu komedi plesetan alias parodi. Sepanjang karirnya mereka telah melepas 5 album studio dengan hits-hits seperti "Nasib Anak Kost" (dari lagu That's The Way Love Goes - Janet Jackson), "Kop Dan Headen" (dari lagu Close To Heaven - Color Me Badd), dan "Antrilah Di Loket" (dari lagu I Can Love You Like That - All 4 One).

Kini dengan formasi Iszur Muchtar, Denny Chandra, Daan Aria, Joe P Project, Iang Darmawan dan Wawan Hanura, mereka siap kembali menghibur para penggemarnya.

Base Jam Reunion

Base Jam adalah grup band yang terbentuk pada 15 Januari 1994. Mereka terhitung cukup produktif karena dalam kurun waktu 7 tahun (1996-2003)  mampu melahirkan 6 album studio dan 1 album The Best. Anak 90an tentunya tak asing dengan lagu-lagu Base Jam seperti "Bermimpi", "Bukan Pujangga", "Jatuh Cinta" dan "Angin".

Pergantian personel sempat mewarnai perjalanan Base Jam, hingga akhirnya dengan beranggotakan Adon Saptowo (vokal), Alvin Kurniawan (vokal), Ardhini "Sita" Citrasari (Bass), Ardi "Aris" Isnandar (Gitar), Oni Fathoni (Gitar), dan Echa Soemantri (drum), mereka menamakan dirinya The New Base Jam. Formasi ini sempat melahirkan empat singel, termasuk satu lagu yang menjadi soundtrack film Negeri 5 Menara.

Di tahun 2015 berbarengan dengan perayaan 21 tahun berkaryanya Base Jam mereka memutuskan untuk reuni dengan 2 personel lamanya yaitu Sigit Wardhana (vokal) dan Adnil Farsal (gitar). Reuni ini ditandai dengan peluncuran album baru mereka yaitu "Reunion 21 Tahun" yang berisi 12 lagu, terdiri dari 10 lagu hits mereka dan 2 lagu lama yang diaransemen ulang.

Java Jive

Band yang namanya diambil dari salah satu judul lagu kelompok vokal Manhattan Transfer ini didirikan di Bandung, Jawa Barat pada tahun 1993. Formasi awalnya terdiri dari Micko (gitar), Tony (kibor), Fatur (perkusi/vokal), Danny (vokal) dan Neta (vokal). Sayang Neta, satu-satunya perempuan dalam Java Jive keluar, diikuti oleh Micko yang akhirnya bergabung dengan Protonema. Posisi Micko pun diganti oleh Capung. Formasi inilah yang akhirnya membawa Java Jive mendapat kontrak pertama dari Musica Studios pada tahun 1993. 

Dari awal karirnya hingga tahun 2008 mereka merilis 6 album studio dan 2 album The Best. "Gadis Malam", "Gerangan Cinta", "Kau Yang Terindah", "Menikah" dan "Permataku" adalah beberapa hits yang mereka lahirkan. Sempat vakum selama empat tahun, Java Jive kembali di tahun 2013 dengan album ketujuhnya, "Java Jive 20 Teman Sehati".

Rida Sita Dewi

Rida Sita Dewi (RSD) adalah trio bentukan Adi Adrian dan Adjie Soetama yang beranggotakan Rida Farida, Sita Nursanti dan Dewi Lestari. Pada tahun 1995, album debut mereka "Antara Kita" dirilis. Album ini lumayan meledak di pasaran karena lagu-lagunya seperti "Antara Kita", "Masih Ada" dan "Satu Bintang Di Langit Kelam" cukup easy listening. Menyusul dua album berikutnya yaitu "Bertiga" dan "Satu".

Usai merilis album The Best, tepatnya pada bulan November 2003 trio ini memutuskan untuk bubar. Keputusan ini diambil setelah Dewi mengutarakan niat untuk mengundurkan diri dari dunia musik. Ini merupakan buah dari komitmen mereka, bila satu di antara mereka ada yang mengundurkan diri, maka RSD pun bubar. 

Kini setelah hampir 13 tahun berpisah, akhirnya mereka bisa reuni lagi di The 90s Festival "BIG REUNION". Rida Sita Dewi akan tampil dalam formasi lengkap dan akan menghibur pecinta musik dengan hits-hits terbaiknya.

Bunglon

Bunglon merupakan sebuah grup musik pop-jazz yang dibentuk pada tahun 1998 dengan personel Andre Chilling (drum), Eko (Bass), Kice (Gitar), Derry (Keyboard) dan Fadia (vokal). Lewat dua albumnya "Biru (1998)" dan "Emas (2001)". Singel-singelnya seperti "Kau", "Cerita Lalu", "Denganmu" dan "Dulu" tentunya sangat dikenal oleh generasi 90an.

Pada tahun 2003 Fadia yang baru saja menikah mengundurkan diri dari band karena ingin lebih fokus mengurus keluarganya. Posisinya digantikan oleh salah satu personel Moluccas, Audrey Papilaja. Bersama Audrey, Bunglon sempat melepas sebuah album bertajuk "Sendiri" pada tahun 2004.

Setelah sempat vakum sejak wafatnya Andre Chilling pada tahun 2009, kini Bunglon siap reuni dan kembali untuk pertama kalinya di The 90s Festival.

Frente

Frente adalah duo Australia dengan personil Simon Austin (gitaris dan backing vocal) dan Angie Hart (vokalis). Duo bergenre pop folk ini dikenal lewat hitsnya seperti "Bizzare Love Triangle" dan "Ordinary Angels". 

Itulah enam dari 17 artis dan band yang akan tampil di The 90's Festival, sedangkan 11 artis/band lainnya akan kami bahas di artikel terpisah. Untuk info dan pembelian tiket dapat diakses di tautan ini, atau bisa juga dilihat di akun twitter dan instagram @the90sfestival serta facebook The 90s Festival. (pr/bug)

comments powered by Disqus