"Bandung", Persembahan Spesial Dari Mocca Untuk Kota Bandung

Kamis, 25 September 2014

Bersamaan dengan ulang tahun kota Bandung ke-204 yang jatuh pada Kamis, 25 September 2014, Mocca merilis singel terbarunya yang bertajuk "Bandung". Lagu ini seakan menjadi kado istimewa dari Mocca untuk Bandung, kota yang punya tempat istimewa di hati para personel Mocca.

Bagi band beranggotakan Riko Prayitno (gitar) Indra Massad (drum) dan Toma Pratama (bass) dan Arina Epiphania (vokal) ini, Bandung bukan sekedar kota yang membesarkan karir bermusik mereka. Tapi kota ini adalah cinta dan inspirasi. Kota Bandung dikenal melahirkan banyak musisi hebat di Indonesia. Di Kota Bandung inilah Mocca meniti karir dari panggung-panggung kecil hingga sekarang dikenal di mancanegara.

Kenangan spesial dengan Kota Bandung inilah yang menginspirasi Mocca untuk menciptakan sebuah lagu tentang kota kesayangannya ini. “Lagu ‘Bandung’ ini sebenarnya sudah lama saya tulis. Mungkin sekitar selesai album Colours. Ide awalnya sederhana, saya ingin punya lagu tentang kota sendiri, seperti halnya Frank Sinatra dengan lagu "New York, New York" dan "Chicago" atau lagunya Alicia Keys yang berjudul "New York",” ujar Riko Prayitno, gitaris Mocca dalam siaran persnya.

Pengerjaan lagu “Bandung” dimulai saat Riko pindah ke Jakarta. Pengerjaan pun berlangsung cepat karena dua personil Mocca lainnya, Indra Massad (drum) dan Toma Pratama (bass), berdomisili di kota yang sama. Setelah materi lagu selesai kemudian dikirim ke Arina Epiphania (vokal) yang tinggal di Amerika untuk mengisi lirik dan vokal. Pengerjaan jarak jauh dan lintas kota membuat lagu “Bandung” akhirnya selesai.

Selain dipersembahkan sebagai "kado" untuk ulang tahun kota Bandung, lagu ini juga akan menjadi lagu resmi kampanye “Friendly Bandung” sebagai salah satu bentuk city branding yang mendapat pengukuhan resmi dari Walikota Bandung Ridwan Kamil. 

Lagu “Bandung” murni merupakan kecintaan dan dedikasi Mocca terhadap Kota Bandung tanpa embel-embel untuk dijadikan pencitraan dan kampanye politik. Harapannya bahwa lagu ini bisa menjadi kebanggaan yang dihasilkan dari seorang warga yang terinspirasi oleh kotanya sendiri. Lagu ini menjadi bentuk simbiosis mutualisme antara kota dan warganya.

Seperti apa singel terbaru Mocca ini ? Dengarkan saja di sematan soundcloud di bawah ini .. (pr/bug/pic:twitter @moccaofficial)

comments powered by Disqus