Samsung Perkenalkan Handphone Musik HSDPA Terbaru

Senin, 21 Februari 2011
Samsung Perkenalkan  Handphone Musik HSDPA TerbaruSamsung memperkenalkan handphone musik HSDPA terbaru yaitu SGH-F330. SGH-F330 adalah penerus dari Ultra Music F300 dan menurut Samsung, Music Phone ini memiliki durasi playback selama 18 jam.

Samsung memperkenalkan handphone musik HSDPA terbaru yaitu SGH-F330. SGH-F330 adalah penerus dari Ultra Music F300 dan menurut Samsung, Music Phone ini memiliki durasi playback selama 18 jam. Casing putih yang mulus dan ketebalan 13.5mm melengkapi desain SGH-F330, memastikan estetika seni musik terpadu dengan estetika seni desainnya.

SGH-F330 juga memiliki tombol-tombol di bagian depan dan sisi yang khusus untuk kenyamanan mendengarkan lagu seperti tombol volume, play, pause, fast-forward, dan rewind. Sebagai tambahan, Music Phone ini dilengkapi dengan Windows Media Digital Rights Management (WMDRM). Selain itu, SGH-F330 ini dilengkapi dengan kamera berresolusi 2.0 mega-pixel dan slot memori external microSD hingga 4gb

Fokus di Musik plus HSDPA
"Kelengkapan format musik dan kemudah navigasi menjadi keunggulan utama ponsel ini. Ditambah lagi peran akses HSDPA yang membuat F330 kian tampil beda"

F series dikenal sebagai identitas kelas ponsel musik dari Samsung Mobile. Kali ini Samsung di Indonesia memperkenalkan generasi terbaru F series, yakni SGH-F330. Sebagai ponsel musik, sudah tentu F330 punya bekal pemutar musik dengan multi format. Layaknya sebuah konsol MP3 player terbaru, F330 juga dibekali sistem kendali navigasi touch sensitive key. Tidak itu saja, pesan F330 sebagai ponsel yang sarat teknologi terbaru ditunjukkan dengan keberadaan akses HSDPA (High Speed Downlink Packet Access).

Meski fokus pada kekuatan fitur musik, F330 tak terlepas dari keberadaan fitur dan fasilitas multimedia lainnya. Untuk imaging, setidaknya bisa diandalkan kamera 2 Mpix. Entertainment audio juga dibekali FM radio yang dipadukan dengan alarm plus fitur RDS (Radio Data System). Soal kenyamanan, tak lupa F330 juga mendukung bluetooth stereo. F330 nantinya ditawarkan dalam warna putih salju yang pas mendukung konsep ponsel anak muda yang dinamis.

LAYAR

Untuk kelas ponsel multimedia Samsung, kekuatan layar F330 termasuk biasa saja, meski diakui tampilan visualnya masih sangat baik. Dengan resolusi 240x320 pixels dan ukuran layar 2.1 inchi, bisa disebut paparan layar terlihat cukup jelas dipandang. F330 menggunakan user interface serupa dengan ponsel kelas ultra edition.
Pengujian : Visual layar dilihat pada olah fitur musik, buka foto dan pemutaran hasil video.

Catatan : Layar kurang optimal saat dibawah sinar matahari.

KEYPAD
Keypad termasuk nyaman digunakan, memakai konsep konbesional. Untuk dua tombol sofkey dan tombol navigasi empat arah mengusung konsep touch sensitive. Untuk akses ke menu pemutar musik, dibawah navi key ditempatkan tombol shortcut.
Pengujian : Olah keypad diuji saat mengetik long SMS dan navigasi memutar musik dan radio.
Nilai: 3,72
Catatan : Dalam pengoperasian yang cepat, dibutuhkan adaptasi untuk penggunaan touch sensitive key.

DESAIN

Konsep sliding F330 dipadukan dengan balutan warna putih menjadikan ponsel ini cukup fancy. Sliding dibuat dengan pola hentakan halus, dan bisa di set untuk kondisi aktif langsung menjawab incoming call.
Pengujian : Pada pemakaian sehari-hari dan olah penggunaan beberapa fasilitas.

Catatan : Diperlukan trik khusus untuk membuka back cover, mengingat material cover tergolong cukup licin.

PORT
F330 menggunakan port gabungan, yakni menjadi kesatuan untuk fungsi charging, headset audio dan koneksi kabel data. Port dilengkapi penutup dan cukup mudah dalam penggunaan sehari-hari.
Pengujian : Berkali-kali digunakan untuk koneksi charging, headset stereo dan kabel data USB

Catatan : Port gabungan memiliki kekurangan, saat charging misalnya, tak bisa untuk mendengarkan musik via headset.

MUSIK
Keberadaan format musik MP3, AAC, AAC+, AAC++, Real, WMA dipandang cukup lengkap untuk etalase sebuah ponsel musik. Fitur musik dibekali menu-menu yang lengkap seperti equalizer, shuffle dan lain-lain. Pemutar musik dan radio bisa berjalan multitasking.
Pengujian : Mendengarkan musik via speaker dan headset. Nilai : 3,50
Catatan : Performa kualitas musik terbaik hanya bisa di dapat saat mendengarkan lewat headset stereo, seperti bass booster dan 3D sound.

KAMERA
Resolusi kamera CMOS 2 Mpix memang tak terkesan super lagi. Tapi menu pada kamera lumayan lengkap dengan ketersedian multishot, efek, white balance, timer, zooming dan frame. Ditambah menu foto editor untuk mengolah hasil foto dan front kamera VGA untuk video call dengan menu serupa. Tak ketinggalan ada menu panorama.
Pengujian : Memotret dengan resolusi tertinggi
 
Catatan : Tidak dibekali fasilitas night mode, flash lite, ISO dan macro mode.


VIDEO RECORDING
Fasilitas menu untuk video recording serupa dengan yang ada di kamera. Fasilitas rekam video ini disiapkan untuk mendukung format 3GPP (untuk format video MMS) dan MP4. Pilihan resolusi yakni 320x240 dan 176x144 pixels. Pada rekama video, fungsi rekam suara bisa diaktifkan atau dimatikan. Pengujian : Dengan melakukan rekam video tanpa proses zoom
Catatan : Belum dibekali resolusi VGA dan fasilitas video editor

MESSAGING

Sesuai standar ponsel multimedia, F330 dibekali mulai dari long SMS (2295 karakter), MMS dan email POP3. Ukutan font size dalam menu ini bisa di set large, medium dan small. Termasuk ada fungsi bold dan italic. Kapasitas inbox SMS mencapai 500 entry, mampu mengirim dalam format grup dan convert ke multimedia.. Masih ada bekal SOS message untuk keadaaan darurat dan SMS tracker.
Pengujian : Mengetik dan kirim SMS dalam long karakter

Catatan : Tidak ada kekurangan yang signifikan.


KONEKTIVITAS
Bluetooth adalah bekal konektivitas nomer satu, bluetooth berkemampuan lengkap mulai dari printing, push object hingga stereo headset A2DP. Fasilitas koneksi kedua yakni USB kabel data untuk berkirim file dan sinkronisasi ke PC.
Pengujian : Berkirim dan menerima file dalam format MP3

Catatan : Seperti biasa pada ponsel Samsung, sudah meninggalkan keberadaan infrared. Pada versi jual belum dibekali headset bluetooth stereo.

MEMORI
Memori internal F330 tergolong tak terlalu besar, yakni 24MB. Tapi untuk memori eksternal dengan Micro SD mampu berjalan hingga kapasitas 4GB. Dengan demikian, F330 memberi keleluasaan bagi pemakai ponsel tanpa harus memberatkan kinerja prosesor.
Pengujian : Dalam uji coba ditempartkan Micro SD 1GB dengan kapasitas musik 80 persen, pola hotswap dipandang cukup memudahkan. Dan ponsel tetap berjalan prima.
Catatan : Belum ditemukan kekurangan.

KINERJA
Berdasar variabel penilaian, bisa disimpulkan SGH-F330 adalah ponsel yang secara umum mampu menampilkan kinerja yang baik di setiap fitur yang disajikan. Hanya menjadi catatan, untuk menikmati musik prima diperlukan headset. Dalam versi jualnya dibekali pula female jack 3,5 mm. Fasilitas personal information management (PIM) juga tergolong lengkap. [selco/it1]


comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini