Samsung YP-R1 : Desain Menarik Dan Sarat Fitur

Jumat, 11 Desember 2009
Samsung YP-R1 : Desain Menarik Dan Sarat Fitur

Samsung rupanya cukup serius menggeluti produk MP3 player dengan fitur layar sentuh. Terbukti dengan dilepasnya produk Samsung YP-R1 yang merupakan kelanjutan dari YP-P2 dan YP-P3 yang diluncurkan lebih dulu.

Keputusan menggunakan sarana navigasi touchscreen memang membawa keuntungan tersendiri buat sebuah produk. Karena fungsi navigasi terintegrasi pada layar maka secara otomatis ruang yang terbuang untuk menempatkan tombol-tombol jadi bisa diminimalkan. Dan karena minim tombol maka layar LCD yang digunakan juga bisa lebih maksimal menjangkau hampir seluruh permukaan. Dalam kasus TP-R1 ini Samsung menggunakan layar berukuran 2,6 inci yang terlihat cukup luas karena ia memenuhi hampir seluruh tampak depan produk ini.

Nyaris tak ada tombol apapun pada Samsung YP-R1 ini kecuali tombol rocker untuk volume dan tombol dual purpose yang berfungsi sebagai tombol hold dan power. Selain jack audio, Samsung juga menyediakan konektor proprietary yang bisa digunakan untuk membawa tampilan video ke layar televisi meski sayangnya kabel untuk keperluan ini harus dibeli secara terpisah.

Bagian terpenting dari pemutar media seperti ini jelas adalah dukungannya pada format file dan di sini Samsung cukup memahami beragamnya format yang beredar dan menyiapkan dukungan format yang cukup memadai. Paling tidak format umum seperti MP3, WMA, Ogg, AAC, FLAC, WAV, ASF, DivX, XivD, MPEG4, WMV, H.264, ASF, RMVB video, JPEG, GIF, BMP dan PNG sudah didukung oleh peranti berukuran 45.5 x 85.2 x 8.9mm ini.

Trusted Reviews menyebut beberapa keunggulan dari Samsung YP-R1 yang membuat produk ini jadi cukup menarik untuk dipertimbangkan. Misalnya saja desain luarnya yang menarik plus layar yang mampu menampilkan kedalaman warna hitam yang cukup mengagumkan dan membuat tampilan jadi lebih mempesona. Selain itu situs ini juga menyebutkan soal fitur pengenalan tulisan tangan dan earphone bawaannya yang ternyata juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Dengan banyak fitur, desain menarik dan dukungan format yang cukup banyak, Samsung tak lantas mematok harga terlalu tinggi untuk Samsung YP-R1 ini. Kabarnya Samsung YP-R1 ini dijual dengan harga US$169 atau sekitar Rp1,6 jutaan. (kpl/bug)

comments powered by Disqus
Tidak ada event minggu ini