GIGI - LIVE AT ABBEY


Album "Road to Abbey" menjadi album yang paling ditunggu-tunggu para fans setia GIGI. Pasalnya, sejak tahun lalu ketika kru GIGI mendatangani "Abbey Road" di London untuk merekam album anyar mereka dan selama masa persiapan, 2,5 bulan, para fans hanya disuguhi informasi seputar perjalanan band yang lahir Maret 1994 ini. Beberapa info tentang "jalan-jalan" mereka hanya bisa disaksikan lewat social media saja, sementara banyak yang bertanya, kapan selesainya penggarapan album mereka.

GIGI Live at Abbey, Album Termahal yang Tak Sia-sia

Album "Road to Abbey"   menjadi album yang paling ditunggu-tunggu para fans setia GIGI. Pasalnya, sejak tahun lalu ketika kru GIGI mendatangani "Abbey Road" di  London untuk merekam album anyar mereka dan selama masa persiapan, 2,5 bulan,  para fans hanya disuguhi informasi seputar perjalanan band yang lahir Maret 1994 ini. Beberapa info tentang "jalan-jalan" mereka hanya bisa disaksikan lewat social  media saja, sementara banyak yang bertanya, kapan selesainya penggarapan album mereka.

Pas, awal Maret lalu,  Band yang digawangi Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar), Thomas Ramdhan (bas), dan Gusti Erhandy atau Hendy (drum) menuntaskan album perjalanan mereka bertajuk "Live At Abbey". Album yang diproduseri  mereka sendiri,  mengangkat seorang "Sound Engineer; Chris Bolster, Jimmy dan Paul.  

Album anyar GIGI yang direkam di studio legendaris itu sebetulnya tidak jauh berbeda dengan album GIGI sebelumnya. Andalan vokal Armand Maulana dan musiknya yang enak didengar meliputi dihampir semua lagu. Nuansa, Jazzy dan Rock kerap dikemas dalam format yang soft. GIGI kadang bermain dengan lompatan (loop)  yang ringan. Silakan simak "Seseorang" yang liriknya digarap Armand.  Penggarapan musiknya sangatlah sederhana. Tidak banyak "kunci" nada yang "diumbar" dalam lagu ini. Namun, yang cukup mengesankan adalah imbuhan nada gitar yang dibuat dengan nge-beat dibanding dengan apa yang pernah dimainkan  oleh Dewa Budjana.

Berbeda dengan "Tak Lagi Percaya" yang diliriknya "di-supply" Bemby Noor. Bemby dikenal sebagai penyanyi dan pencipta lagu berbakat. Sejumlah lagu karyanya menjadi hits dan dinyanyikan  musisi dan penyanyi ternama, seperti Afghan, Vidi Aldiano, Cherrybelle, hingga Fariz RM. Bemby sangat  memahami karakter musik Gigi dan olah vokal Armand Maulana. Penggarapan musik dibuat dengan  nada yang cukup  variatif, dan sangat pas dibawakan Armand Maulana. Cabikan  gitar ala K-Pop membuat lagu ini semakin ciamik. Tidak cukup itu, lompatan Ritme pada pertengahan lagu  dan menjadi  sepadan diakhir lagu, makin meneguhkan karekter band ini yang piawai mengolah nada,  meski tidak bisa dipungkiri kekuatan karakter vokal Armand Maulana menjadi penentu bagusnya lagu ini.

Selain Bemby, Musisi Erros Chandra (Sheila on 7) juga  ikut terlibat dalam penggarapan lirik lagu "Meja Ini". Lagu  yang mengisahkan kenangan percintaan pada sebuah meja merupakan satu-satunya lagu Budjana dalam album ini.

Bagi Anda yang  ingin mendengarkan nuansa pop-rock dalam album ini, silakan simak "Ruang Kosong, "Istana Cinta", dan "Imajiner".  Selain nada-nada nge-beat mendominasi, permainan gitar eksperimental Dewa Budjana menjadikan lagu ini makin keren. Pun dalam "Istana Cinta" yang dibawakan dengan olahan vokal Armand yang enteng makin menyiratkan bahwa lagu model seperti ini memang sangat pas dibawakan oleh Armand dan kawan-kawan. Apalagi dalam lagu ini, Gigi melengkapi dengan alunan suara backing vokal yang mantap.

Satu-satunya lagu yang berirama slow hanya pada "1st Love". Lirik yang digarap Hendy dan Armand  menjadi sangat manis ketika ada paduan yang serasi antara gitat akustik, piano dan vokal lembut Armand.

Kabarnya, penggarapan album "termahal" ini hanya dilakukan selama dua hari, dengan persiapan lebih dari dua bulan.  Entah alasan apa, Gigi merekam album  yang konon menelan biaya lebih dari 10 kali dari album biasanya. Sementara, kualitas rekaman, sebetulnya tidak jauh berbeda ketika digarap didalam negeri. So, yang pasti Gigi sudah menorehkan namanya menjadi salah satu band lokal yang merekam albumnya di studio yang pernah digunakan oleh musisi hebat dunia seperti The Beatless. [lyz/foto:albumkoleksi]