Konser Musik The 90's Festival

Bila Baladewa Melepas Kangen

Senin, 27 November 2017

Perhelatan konser musik bertajuk "The 90's Festival" kemarin, Sabtu (25/11) di Gambir Expo Arena PRJ Kemayoran, tak bisa dipungkiri menjadi ajang melepas kangen para penggemar Band Asal Surabaya, Dewa 19.

Sedikitnya 3000 penonton memadati Tokopedia Stage dan dipuaskan dengan sekitar 15 lagu yang disuguhkan, Ahmad Dhani Cs.

Dewa 19 yang pernah berjaya di era awal 90-an, malam itu tampil dengan formasi utama ; Ahmad Dhani, Ari Lasso, Andra Ramadan, Yuke Sampurna, dan dua personel tambahan  Agung dan Taraz.

Sebelum tampil, panitia sempat memutarkan video profil band ini dan menjadi daya tarik penonton di sesi pembuka. Tampilan olahan foto-foto lama, seakan ingin menjembatani ingatan penonton di Era Kejayaan Dewa 19. Sebelum para personel tampil, kru Dewa 19 juga  menyiapkan alunan musik  intro yang menghentak seperti layaknya sebuah tembang/ jingle "kebangsaan" band yang sempat beberapa kali memperoleh AMI Award dan Panasonic Award. 

"Manusia Biasa " menjadi lagu pembuka oleh Ahmad Dhani yang kemudian disusul dengan kemunculan Ari Lasso. Gemuruh sambutan penonton menjadi tanda jika Dewa 19 masih memiliki kharisma sebagai super group di tanah air hingga kini. 

Setelah Manusia Biasa Dewa menyuguhkan lagu-lagu kenangan lainnya seperti ; Restu Bumi, Cukup Siti Nurbaya, Aku Disini Untukmu, Satu Hati , Elang hingga tembang "Kangen" yang  sempat mengundang histeria penonton.

Aksi panggung Ari Lassso yang santai dan komunikatif menjadikan konser mereka di ajang "The 90's Festival" makin menjadi tanda jika Dewa 19 memang layak dijuluki band pop legenda tanah air. Apalagi Kualitas vokal Ari Lasso seakan tidak  ada bedanya dengan vokal yang dilantunkan dulu. 

Bisa dikatakan, hampir semua semua personel tampil maksimal malam itu. Sang  front liner band, Ahmad Dhani juga tampil tenang. Permainan keyboard nya juga makin mumpuni. Di beberapa lagu, Ahmad Dhani mencoba mengolah alunan suara keyboard menjadi semakin unik dan megah hingga akhirnya intro tersebut  disambung dengan lagu yang akan dibawakan kemudian.

Andra Ramadan yang tampil maksimal malam itu menyuguhkan permainan gitar yang makin "greget" dan garang. "Sebetulnya hari ini Andra sudah bermain di dua tempat bersama group musiknya, Andra And The Backbone," ujar Ari Lasso saat kembali memperkenalkan kawan-kawannya yang tampil.

Tidak banyak basa-basi dalam pagelaran yang berdurasi lebih dari 1 jam.  Rentetan lagu-lagu hits disajikan menyambung. Meski ada jeda, itu tidak lebih dari 1 menit. Konser  yang dimulai puku 10.55 berakhir jelang pukul 1 pagi. Penonton konser musik 90-an terpuaskan dengan aksi band pujaan yang menjadi Band Penutup diacara rutin yang digelar Accelera Entertainment.

Hingga akhirnya konser Dewa 19 ditutup dengan lagu "Kamulah Satu-satunya". Penonton  yang menyaksikan aksi Dewa malam itu  menyisakan kenangan baru dan sebuah  harapan : Semoga akan sering digelar kembali konser Dewa 19. [lyz/ben/foto: ben]

Berikut Set-List lagu-lagu yang dibawakan Dewa 19.

  1. Manusia Biasa 
  2. Restu Bumi
  3. Cukup Siti Nurbaya
  4. Aku Disini Untukmu
  5. Satu Hati 
  6. Elang
  7. Roman picisan
  8. Tak Akan Ada Cinta Yang Lain
  9. Satu Hati
  10. Hitam Putih
  11. Cintakan Membawamu Kembali
  12. Kirana
  13. Separuh Nafas
  14. Kangen
  15. Kamulah Satu-Satunya
comments powered by Disqus