Living in Harmony ala Sang Musisi Jenius

Living in Harmony ala Sang Musisi Jenius

Nama musisi dan penyanyi Fariz Rustam Munaf, lebih dikenal dengan Fariz RM, tidak bisa dilepaskan dari sejarah perkembangan musik Indonesia, terutama era 90-an. Sejumlah hits sukses diciptakan penyanyi kelahiran 5 Januari 1959, diantaranya Sakura dan Barcelona. Memang, bakat musiknya sudah mulai terlihat sejak umur 5 tahun, dan Ibunya yang guru Piano sangat mempengaruhi jiwa seniman dalam diri Fariz.
Grup Band Harus Pintar Mengelola Fans

Grup Band Harus Pintar Mengelola Fans

Apa artinya fans bagi eksistensi sebuah band? Jawabannya sudah pasti, sangat, sangat dan sangat berarti. Karena, tanpa adanya fans, sebuah band tidak ada apa-apanya. Dengan banyaknya fans, secara tidak langsung band memiliki tanggung jawab "tambahan", yakni memuaskan kehausan akan karya musik yang bagus. Tidak cukup itu, para personel band juga sangat diharapkan bisa menjadi contoh yang bagi bagi para fans.
Indie: Ekspresi Perlawanan terhadap Budaya Mainstream

Indie: Ekspresi Perlawanan terhadap Budaya Mainstream

Apakah indie itu? Apakah ia cukup didefinisikan sebagai independent (mandiri)? Jawabannya tidak. ”Sebenarnya indie adalah subkultur,” kata Arkham, salah satu anggota Common People, komunitas indiepop di Yogyakarta. Subkultur adalah sebuah kultur yang lebih kecil, yang lahir di dalam kultur yang lebih besar yang telah ada sebelumnya. Kultur kecil itu memiliki nilai-nilai dan norma-norma yang berlawanan dengan kultur besar tempatnya bernaung. Kultur yang lebih besar itu dapat kita sebut sebagai budaya mainstream.
Perihal Pelarangan Konser Musik

Perihal Pelarangan Konser Musik

Pelarangan konser (baca: pencekalan) merupakan momok bagi banyak musisi. Betapa tidak, rencana aksi panggung yang sudah terjadwal pun menjadi berantakan. Belum lagi tuntutan pihak sposor yang sudah membayar penuh artis tersebut. Jika ingin berdamai, pihak sponsor mungkin menjadikan tertundanya konser sang artis sebagai hutang.
Positif-Negatif Frontman dalam Sebuah Band

Positif-Negatif Frontman dalam Sebuah Band

Dalam dunia musik dikenal dengan apa yang namanya "frontman" atau bahasa gampangnya "pentolan". Konon, kabarnya si pentolan ini lah yang menjadi motor, inspirator sekaligus "arsitek" bagi band yang dibuatnya. Tidak hanya itu, eksistensinya sangat dibutuhkan para personel lainnya. Tanpa si pentolan ini, band menjadi stag, vakum atau malah mati. Apakah sampai sedemikiannya ?
Pelajaran dari Sebuah Konser

Pelajaran dari Sebuah Konser

Apa pentingnya bagi kita, apalagi mereka yang berprofesi sebagai musisi dan penyanyi, menyaksikan pertunjukkan musisi lain, apalagi kelasnya sudah internasional? Seperti diketahui beberapa waktu lalu ada empat konser besar musisi internasional; Jennifer Lopez, Sharukh khan, Sting dan Gun N Roses (GNR). Penggemarnya? jangan ditanya lagi.
Celoteh tentang Konser dan  Panggung Musik Indonesia

Celoteh tentang Konser dan Panggung Musik Indonesia

Dikawasan Asia Tenggara, Musisi dan Penyanyi Indonesia bisa dibilang sebagai jawara. Nama-nama seperti Dewa 19, Slank, Peter Pan (kini Noah), Padi, Dmasif, Krisdayanti, Ruth Sahaya, dan masih banyak lagi sudah tidak asing lagi bagi penikmat musik seperti di Malaysia, Singapura, juga Thailand. Tidak hanya itu, puluhan band Indie juga sukses merangsek blantika musik Asia.
35 Tahun Sumbangsih Kampus UI  untuk Musik Jazz

35 Tahun Sumbangsih Kampus UI untuk Musik Jazz

Siapa yang tidak kenal dengan musik jazz? Sejak era 70’an, Indonesia memiliki sebuah perhelatan musik jazz yang diprakarsai oleh seorang mahasiswa jurusan ekonomi Universitas Indonesia. Perhelatan jazz tertua tersebut atau yang biasa kita kenal dengan JGTC (Jazz Goes To Campus) selalu sukses mengundang musisis-musisi jazz ternama. Apresiasi masyarakat Indonesia terhadap musik jazz dirasa masih sangat minim sebab musik jazz dipandang sebagai aliran musik eksklusif yang hanya bisa dinikmati oleh masyarakat middle-up. Benarkah demikian?
Soal "Pop-Popan" Mari Belajar dari Korea

Soal "Pop-Popan" Mari Belajar dari Korea

Saat ini siapa yang tidak kenal K-Pop? Musik kreasi negeri ginseng mewabah bagai "virus", Indonesia menjadi salah satu "korbannya". Kemarin, 22 September SM Town menggelar Live World Tour III di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Istora Senayan. Beberapa kelompok K-Pop asli korea menggelar konser SM Town; Kang Ta, BoA, TVXQ, Super Junior, SNSD,
Jokowi, Musik dan Kejujuran Hati

Jokowi, Musik dan Kejujuran Hati

Anda pasti ingat saat walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi), menonton pertunjukkan "Linkin Park" di Senayan beberapa waktu lalu. Sebelumnya Jokowi juga muncul di pagelaran musik rock di solo yang bertajuk "Rock in Solo” yang digelar di Alun-Alun Utara Kota Solo. Dia tiba-tiba menerobos kerumunan dan menyeruak ke bagian tengah wilayah konser dan disalami ratusan penonton. Puluhan wartawan yang mengabadikan momen itu pasti